Garis-garis
Besar Program Pengajaran
dan
Kontrak Perkuliahan
Konsep
Belajar dan Mengajar Berbasis Al-Qur’an
Disusun
Oleh:
Dr. Ahmad
Zain Sarnoto, MA., M.Pd
INSTITUT
PTIQ JAKARTA
PROGRAM
PASCASARJANA
PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR
JAKARTA
2017
Garis-garis
Besar Program Pengajaran
Mata
Kuliah
|
:
|
Konsep Belajar dan Mengajar Berbasis Al-Qur’an
|
Kode/Bobot
SKS
|
:
|
3
SKS
|
Deskripsi
Singkat
|
:
|
Di
antara karunia Allah kepada manusia, selain nikmat pengamatan (persepsi) dan
berfikir, adalah juga kesiapan alamiah untuk belajar, memperoleh ilmu
pengetahuan, keterampilan dan kecapakan, dan mendapatnyanya di perlukan
proses belajar dan mengajar. Al-Qur’an memerintahkan kepada umat Islam untuk
belajar sejak ayat pertama kali diturunkan.
|
Tujuan
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa
memahami konsep belajar dan mengajar dalam Al-Qur’an dan mampu
mengimplementasikan dalam proses pendidikan Islam di Indonesia
|
Minggu Ke
|
Tujuan Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode
|
Media
|
|
1
|
|
Konsepsi Belajar dan Mengajar dalam Al-Qur’an
|
· pengertian belajar mengajar
· alasan menuntut Ilmu
· peranan Akal dalam proses belajar
· Etika Belajar
Mengajar
· Implikasi edukatif konsep belajar mengajar
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
2
|
|
Tujuan pembelajaran dalam Al-Qur’an
|
· Konponen sifat
manusia dan tujuan pembelajaran
· Tujuan
pembalajaran jasmani
· Tujuan
pembalajaran Ruhani
· Tujuan
pembalajaran Akal
· Tujuan
pembalajaran sosial
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
3
|
|
Teori belajar dalam Al-Qur’an
|
· Teori belajar dalam psikologi pendidikan
· Teori belajar dalam Pendidikan Islam
· Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an dan Psikologi
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
4
|
|
Prinsip
pembelajaran dalam al Qur’an
|
· Motivasi (QS.
58:11)
· Pengulangan
(QS.27:60)
· Perhatian (QS.
50: 37)
· Partisipasi
aktif (QS. 2:25)
· Pembagian
waktu belajar (QS. 17:107)
· Mengubah
tingkah laku secara bertahap (QS. 2:219)
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
5
|
|
Materi
pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an
|
·
Materi Pembelajaran pendidikan jasmani (tarbiyah jismiyah)
·
Materi Pembelajaraan pendidikan kerohanian (tarbiyah ruhiyah),
·
Materi Pembelajaran pendidikan kecerdasan
(tarbiyah aqliyah),
·
Materi Pembelajaran pendidikan kemasyarakatan (tarbiyah
ijtima’iyah)
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
6
|
|
Pendekatan
Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
· Pengertian Pendekatan
Pembelajaran
· Pendekatan pembelajaran dalam
Al-Qur’an
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
7
|
|
Model
Pembelajaran dalam Al-Qur’an
|
·
Pengertian Model Pembelajaran
·
Fungsi Model Pembelajaran
·
Konsep Model Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
8
|
|
Metode
Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
· Metode Amsâl
· Metode Kisah Qur’ani
· Metode Hiwâr
· Metode Targhîb dan Tarhîb
· Metode pembiasaan dalam
al-Qur’an
· Metode keteladanan
· Metode Ibrah dan Mauizah
|
Kuliah Mimbar
|
· Papn tulis
· In focus
|
|
9
|
|
Strategi
Pembelajaran dalam Al-Quran
|
· Konsep strategi Pembelajaran
· Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam (Al-Qur’an)
|
|
·
|
|
10
|
|
Model
Pembelajaran Keteladanan berbasis Al-Qur’an
|
· Pentingnya figur keteladanan
· Nilai educkatif keteladanan
· Peniruan: Dasar psikologi keteladanan
· Nilai-nilai edukatif dalam keteladanan
|
|
·
|
|
11
|
|
Media Pembelajaran Dalam Perspektif
Al-Qur’an
|
· Pengertian media pembelajaran
· Dasar Pemikiran
Penggunaan
Media Pembelajaran
· Media pembelajaran dalam persepektif
al-Qur’an dan
al-Hadits
· Manfaat
Media Pembelajaran
|
|
·
|
|
12
|
|
Model pembelajaran
kooperatif dalam
perspektif Al- Qur’an
|
·
Pengertian
model pembelajaran
kooperatif
·
Tujuan
pembelajaran kooperatif
·
Pembelajaran
kooperatif dalam perspektif Al-Qur’an
dan Hadits
|
|
·
|
|
13
|
|
Diagnosis Kesulitan Belajar dalam perspektif Al-Qur’an
|
· Pengertian Diagnosis Kesulitan Belajar
· Prinsip-prinsip Diagnosis Kesulitan Belajar
· Diagnosis Kesulitan Belajar dalam Isalam (Al-Qur’an)
|
|
·
|
|
14
|
|
Komunikasi
pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
· Konsep
Komunikasi Dalam Al-Qur’an
· Komunikasi dan
mutu pembelajan
· Komuniasi
interpersonal dalam pembelajaran
· Komunikasi
kelompok dalam pembelajaran
|
|
·
|
|
15
|
|
Evaluasi
pembelajaran berbasis Al Qur’an
|
· Pengetiaan dan tujuan Evaluasi dalam pembelajaran
· Tema-tema Al-Qur’an tentang Evaluasi
· Isyarat Al-Qur’an tentang Evaluasi
|
|
·
|
|
16
|
UAS
|
|
|
|||
Referensi
1. Abdurrahman An-Nahlawi, Ushulut Tarbiyyah Isamiyah wa asalibiha fil baiti wal madrasati wal
mujtama,Dar al-Fikr al-Mu’asyir, Bairut-Libanon, Cet. II tahun 1413 H/1983M
2. Abdurrahman Saleh Abdullah,
Educational Theory a Quranic Outlook, , New York (1978)
3. Al-Zarmuji, Syekh, Terjemah Ta’lim
al Muta’alim, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1985
4. Blok James, H, Mastery Learning: Theory
and Practice, Holt, Rinehart and Winston, Inc, New York, 1971
5. Brady, Lourie, Model and Methods
of Teaching, Macarthur Pres, Australia
6. Joyce, Buce & Marsha Weil, Model
of Teaching, Prentice Hall Inc, New Yersey, 1986
7. M. Usman Najati, Al-Qur’an dan
Psikologi (terj), Aas Pustaka, Jakarta
8. Sukmadinata, Nana Saodih, Landasan
Psikologi Proses Pendidikan, Remaja Rosk=dakaya, Bandung, 2009
9. Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo
Offset, Bandung; 2009
10. Yusuf Qardhawi, Al—‘Aql wal-‘Ilm fil-Qur’anil karim, Maktabah
Wahidah, Kairo, Cet. 1, 1416 H/1996M
11. Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada
Press, Jakarta; 2008
12. Zakiah Daradjat, Metode Khusus Pengajaran Agama
Islam, cet. ke-1, Bumi Aksara,
Jakarta;
1995
Tugas
Praktek, diskusi dan latihan
Penilaian
dan Bobot Penilaian
Penilaian yang diberikan meliputi 5 komponen, yaitu
:
Komponen
|
Bobot (%)
|
Kehadiran
|
10
|
Tugas
|
20
|
Presentasi Tugas
|
20
|
UTS
|
20
|
UAS
|
30
|
Penilaian
akhir merupakan gabungan nilai dari 5 komponen tersebut di atas. Kriteria
penilaian yang digunakan adalah:
Angka Mutu
|
Huruf Mutu
|
>89
|
A
√
|
85 - 89
|
A-
|
80 - 84
|
B+
|
75 - 79
|
B
√
|
70 - 74
|
B-
|
65 - 69
|
C+
|
60 - 64
|
C
√
|
55 - 59
|
C-
|
50 - 54
|
D
√
|
<50
|
E
√
|
Kehadiran
dalam Perkuliahan
Minimal 80%
dari jumlah pertemuan
Jadwal Perkuliahan
Pertemuan
ke
|
Materi
|
Referensi
|
1
|
Konsepsi Belajar dan Mengajar dalam Al-Qur’an
|
1 , 2, 3,
4
|
2
|
Tujuan pembelajaran dalam Al-Qur’an
|
|
3
|
Teori belajar dalam Al-Qur’an
|
|
4
|
Prinsip
pembelajaran dalam al Qur’an
|
|
5
|
Materi
pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an
|
|
6
|
Pendekatan
Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
|
7
|
Model
Pembelajaran dalam Al-Qur’an
|
|
8
|
Metode
Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
|
9
|
Strategi
Pembelajaran dalam Al-Quran
|
3, 4, 5, 6
|
10
|
Model
Pembelajaran Keteladanan berbasis Al-Qur’an
|
|
11
|
Media Pembelajaran
Dalam Perspektif
Al-Qur’an
|
|
12
|
Model pembelajaran
kooperatif dalam perspektif Al-
Qur’an
|
|
13
|
Diagnosis Kesulitan Belajar dalam perspektif Al-Qur’an
|
|
14
|
Komunikasi
pembelajaran berbasis Al-Qur’an
|
|
15
|
Evaluasi
pembelajaran berbasis Al Qur’an
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar