Senin, 07 Januari 2019

Konsep Belajar dan Mengajar Berbasis Al-Qur’an

Garis-garis Besar Program Pengajaran
dan Kontrak Perkuliahan
Konsep Belajar dan Mengajar  Berbasis Al-Qur’an








Disusun Oleh:
Dr. Ahmad Zain Sarnoto, MA., M.Pd





INSTITUT PTIQ JAKARTA
PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR
JAKARTA
2017


Garis-garis Besar Program Pengajaran

Mata Kuliah
:
Konsep Belajar dan Mengajar Berbasis Al-Qur’an
Kode/Bobot SKS
:
3 SKS
Deskripsi Singkat
:
Di antara karunia Allah kepada manusia, selain nikmat pengamatan (persepsi) dan berfikir, adalah juga kesiapan alamiah untuk belajar, memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan kecapakan, dan mendapatnyanya di perlukan proses belajar dan mengajar. Al-Qur’an memerintahkan kepada umat Islam untuk belajar sejak ayat pertama kali diturunkan.
Tujuan Kompetensi Umum
:
Mahasiswa memahami konsep belajar dan mengajar dalam Al-Qur’an dan mampu mengimplementasikan dalam proses pendidikan Islam di Indonesia

Minggu Ke
Tujuan Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode
Media
1

Konsepsi Belajar dan Mengajar  dalam Al-Qur’an
·      pengertian belajar mengajar
·      alasan menuntut Ilmu
·      peranan Akal dalam proses belajar
·      Etika Belajar Mengajar
·      Implikasi edukatif konsep belajar mengajar
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
2

Tujuan pembelajaran dalam Al-Qur’an
·      Konponen sifat manusia dan tujuan pembelajaran
·      Tujuan pembalajaran jasmani
·      Tujuan pembalajaran Ruhani
·      Tujuan pembalajaran Akal
·      Tujuan pembalajaran sosial
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
3

Teori belajar dalam Al-Qur’an
·      Teori belajar dalam psikologi pendidikan
·      Teori belajar dalam Pendidikan Islam
·      Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an dan Psikologi

Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
4

Prinsip pembelajaran dalam al Qur’an
·      Motivasi (QS. 58:11)
·      Pengulangan (QS.27:60)
·      Perhatian (QS. 50: 37)
·      Partisipasi aktif (QS. 2:25)
·      Pembagian waktu belajar (QS. 17:107)
·      Mengubah tingkah laku secara bertahap (QS. 2:219)
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
5

Materi pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an
·      Materi Pembelajaran  pendidikan jasmani (tarbiyah jismiyah)
·      Materi Pembelajaraan  pendidikan kerohanian (tarbiyah ruhiyah), 
·      Materi Pembelajaran pendidikan kecerdasan (tarbiyah aqliyah),
·      Materi Pembelajaran pendidikan kemasyarakatan (tarbiyah ijtima’iyah)
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
6

Pendekatan Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
·      Pengertian Pendekatan Pembelajaran
·      Pendekatan pembelajaran dalam Al-Qur’an
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
7

Model Pembelajaran dalam Al-Qur’an
·         Pengertian Model Pembelajaran
·         Fungsi Model Pembelajaran
·         Konsep Model Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
8

Metode Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
·      Metode Amsâl
·      Metode Kisah Qur’ani
·      Metode Hiwâr
·      Metode Targhîb dan Tarhîb
·      Metode pembiasaan dalam al-Qur’an
·      Metode keteladanan
·      Metode Ibrah dan Mauizah
Kuliah Mimbar
·      Papn tulis
·      In focus
9

Strategi Pembelajaran dalam Al-Quran
·      Konsep strategi Pembelajaran
·      Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam (Al-Qur’an)

·       
10

Model Pembelajaran Keteladanan berbasis Al-Qur’an
·      Pentingnya figur keteladanan
·      Nilai educkatif keteladanan
·      Peniruan: Dasar psikologi keteladanan
·      Nilai-nilai edukatif dalam keteladanan

·       
11

Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Quran
·      Pengertian media pembelajaran
·      Dasar Pemikiran Penggunaan Media Pembelajaran
·      Media pembelajaran dalam persepektif al-Quran dan al-Hadits
·      Manfaat Media Pembelajaran

·       
12

Model pembelajaran
kooperatif dalam perspektif Al- Quran
·      Pengertian model pembelajaran kooperatif
·      Tujuan pembelajaran kooperatif
·      Pembelajaran kooperatif dalam perspektif Al-Quran dan Hadits

·       
13

Diagnosis Kesulitan Belajar dalam perspektif Al-Qur’an
·      Pengertian Diagnosis Kesulitan Belajar
·      Prinsip-prinsip Diagnosis Kesulitan Belajar
·      Diagnosis Kesulitan Belajar dalam Isalam (Al-Qur’an)

·       
14

Komunikasi pembelajaran berbasis Al-Qur’an
·      Konsep Komunikasi Dalam Al-Qur’an
·      Komunikasi dan mutu pembelajan
·      Komuniasi interpersonal dalam pembelajaran
·      Komunikasi kelompok dalam pembelajaran

·       
15

Evaluasi pembelajaran berbasis Al Qur’an
·      Pengetiaan dan tujuan Evaluasi dalam pembelajaran
·      Tema-tema Al-Qur’an tentang Evaluasi
·      Isyarat Al-Qur’an tentang Evaluasi

·       
16
UAS








Referensi

1.      Abdurrahman An-Nahlawi, Ushulut Tarbiyyah Isamiyah wa asalibiha fil baiti wal madrasati wal mujtama,Dar al-Fikr al-Mu’asyir, Bairut-Libanon, Cet. II tahun 1413 H/1983M
2.      Abdurrahman Saleh Abdullah, Educational Theory a Quranic Outlook, , New York (1978)
3.      Al-Zarmuji, Syekh, Terjemah Ta’lim al Muta’alim, Mutiara Ilmu, Surabaya, 1985
4.      Blok James, H, Mastery Learning: Theory and Practice, Holt, Rinehart and Winston, Inc, New York, 1971
5.      Brady, Lourie, Model and Methods of Teaching, Macarthur Pres, Australia
6.      Joyce, Buce & Marsha Weil, Model of Teaching, Prentice Hall Inc, New Yersey, 1986
7.      M. Usman Najati, Al-Qur’an dan Psikologi (terj), Aas Pustaka, Jakarta
8.      Sukmadinata, Nana Saodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Remaja Rosk=dakaya, Bandung, 2009
9.      Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo Offset, Bandung; 2009
10.  Yusuf Qardhawi, Al—‘Aql wal-‘Ilm fil-Qur’anil karim, Maktabah Wahidah, Kairo, Cet. 1, 1416 H/1996M
11.  Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Jakarta; 2008
12.  Zakiah Daradjat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, cet. ke-1, Bumi Aksara, Jakarta; 1995

 

Tugas

Praktek, diskusi dan latihan

Penilaian dan Bobot Penilaian

Penilaian yang diberikan meliputi 5 komponen, yaitu :

Komponen

Bobot (%)

Kehadiran

10

Tugas

20

Presentasi Tugas

20

UTS

20

UAS

30


Penilaian akhir merupakan gabungan nilai dari 5 komponen tersebut di atas. Kriteria penilaian yang digunakan adalah:

Angka Mutu
Huruf Mutu
>89
A     √
85 - 89
A-
80 - 84
B+
75 - 79
B      √
70 - 74
B-
65 - 69
C+
60 - 64
C      √
55 - 59
C-
50 - 54
D      √
<50
E       √

Kehadiran dalam Perkuliahan

Minimal 80% dari jumlah pertemuan

Jadwal Perkuliahan



Pertemuan

ke

Materi
Referensi
1        
Konsepsi Belajar dan Mengajar  dalam Al-Qur’an
1 , 2, 3, 4
2        
Tujuan pembelajaran dalam Al-Qur’an
3        
Teori belajar dalam Al-Qur’an
4        
Prinsip pembelajaran dalam al Qur’an
5        
Materi pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an
6        
Pendekatan Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
7        
Model Pembelajaran dalam Al-Qur’an
8        
Metode Pembelajaran berbasis Al-Qur’an
9        
Strategi Pembelajaran dalam Al-Quran
3, 4, 5, 6
10   
Model Pembelajaran Keteladanan berbasis Al-Qur’an
11   
Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Quran
12   
Model pembelajaran kooperatif dalam perspektif Al- Quran
13   
Diagnosis Kesulitan Belajar dalam perspektif Al-Qur’an
14   
Komunikasi pembelajaran berbasis Al-Qur’an
15   
Evaluasi pembelajaran berbasis Al Qur’an
16   
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar